Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

(DOC ) Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan Terbaru

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Yang Baik Dan Benar –  Proposal menjadi sebuah dokumen berisi rancangan yang selalu digunakan dalam berbagai hal, baik dunia pendidikan maupun dunia kerja. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan sistematis, matang, dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian. Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan agar terbiasa berpikir sistematis dan logis seperti yang diperlukan dalam menulis proposal. Diambil dari buku Pengajuan Proposal (2014) karya Huriyyah, dari sudut pandang dunia ilmiah, pengertian proposal adalah rancangan dari suatu usulan sebuah penelitian yang kemudian dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya. Sehingga proposal sama halnya dengan sebuah usulan kegiatan yang memerlukan persetujuan dari pihak lain. Tujuan proposal adalah untuk mendapatkan persetujuan dari suatu pihak mengenai rencana atau rancangan yang akan dilakukan. Baca juga: Pengertian Persebaran Penduduk dan Jenisnya Selain penjelasan mengenai rincian kegiatan, umumnya juga tertera mengenai dana yang akan dibutuhkan dalam pelaksanaannya kecuali pada proposal ilmiah. Sehingga isi keseluruhan proposal harus dapat dimengerti oleh pihak lain yang dimintai izin atau persetujuan.


Fungsi proposal

Proposal memiliki kegunaan yang sangat penting baik pribadi maupun lembaga. Terdapat beberapa fungsi dan keberadaan proposal, yaitu:
  • Untuk melakukan penelitian yang berkenaan dengan agama, sosial, politik, ekonomi, budaya, dan lainnya.
  • Untuk mendirikan usaha kecil, menengah, atau besar.
  • Untuk mengajukan tender dari lembaga-lembaga pemerintah atau swasta.
  • Untuk mengajukan kredit kepada bank.
  • Untuk memberikan informasi detail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana, misalnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lainnya.

 Bagi Anda yang akan menyelenggarakan sebuah kegiatan atau event tapi masih belum tahu mengenai cara penulisannya, Anda dapat menyimak tulisan yang satu ini. Disini akan dijelaskan mengenai tata cara penulisan proposal kegiatan hingga contoh penulisannya.Proposal kegiatan biasanya ditulis oleh pihak penyelenggara event atau kegiatan untuk mengajukan keiginannya dalam melaksanakan event atau kegiatan tersebut.Biasanya proposal kegiatan ini diserahkan kepada penanggung jawab yang berperan besar dalam jalannya kegiatan. Seperti halnya kepala sekolah, rektor kampus, kepala perusahaan, dan lain sebagainya.

Nah, Untuk kamu yang sedang mencari referensi seputar proposal sebuah kegiatan, Kamu bisa melihat kumpulan contoh berikut ini yang bisa dipelajari format pembuatannya serta dapat disesuaikan dengan kegiatan apa yang hendak diselenggarakan. Silahkan disimak

Berikut adalah contoh proposal kegiatan sekolah yang bisa menjadi referensi:

Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan

PENDAHULUAN
Alhamdulillahirobbil’alamin segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah. Sholawat serta salam tercurah kepada baginda Muhammad Sholallaahu ‘Alaihi Wasallam juga kepada sahabat dan keluarganya hingga Yaumil Akhir.
 183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka Barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi Makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
“Barangsiapa yang melakukan puasa dibulan Ramadhan semata-mata karena iman dan mengharapkan ridha Allah swt, maka akan diampuni segala dosanya yang telah lalu. Barang siapa yang bangun (untuk shalat dan dzikir) pada malam Qadar semata-mata karena iman dan mengharapkan ridjo Allah swt, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhori dan Muslim)
Untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan bermanfaat, maka kami bermaksud membuat program kegiatan guna membangun kecintaan anak asuh terhadap Ramadhan dan semangat menggapai semua kebaikan/keberkahan di bulan Ramadhan.


NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan diselenggarakan dengan nama “R n B (Ramadhan nan Bersemi)” dengan mengusung tema “Indahnya Ramadhan Berbagi Menuai Berkah”

WAKTU dan BENTUK KEGIATAN
Hari / Tgl        :  Minggu, 5 Agustus 2020
Waktu            : Pkl. 09.00 s/d 12.00
Tempat        : Lapangan yayasan Mirtra Umat, pisangan baru
Bentuk Kegiatan    : - Ceramah Umum
    : - Santunan dan Pembagian sembako
    : - Pentas seni Nasyid
            : - Pentas Tasmi
            : - Pentas Hafalan alqur’an dan hadist
            : - Pameran kreativitas anak asuh

 TUJUAN KEGIATAN
  1. Menambah wawasan ke islaman  untuk para anak asuh dan warga pisangan baru.
  2. Membantu meringankan beban masyarakat dhuafa terutama dalam menghadapi beban dan kesulitan hidup terutama di bulan Ramadhan.
  3. Menumbuhkan semangat kebersamaan dan persaudaraan dalam kerangka pembinaan ke-Islaman di kalangan masyarakat guna mengurangi timbulnya penyakit-penyakit sosial dalam masyarakat.
  4. Mempererat ukhuwah islamiyah antar donatur, anak asuh dan warga pisangan baru.

SASARAN KEGIATAN
Masyarakat kelompok dhu’afa dan menengah di lingkungan kelurahan Pisangan Baru dan sekitarnya terutama keluarga dari anak-anak yang di asuh dan dibina oleh Yayasan

SUSUNAN PANITIA
Kegiatan ini terselenggara dengan susunan kepanitiaan terlampir.

SUSUNAN ACARA
Susunan acara yang akan dilaksanakan terlampir.

ANGGARAN DANA
Kegiatan tersebut membutuhkan dana sebesar Tujuh belas juta sembilan ratus tiga puluh ribu rupiah dengan rincian terlampir.

PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat. Kami berharap bapak dan ibu dapat berpatisipasi, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Atas perhatian Bapak dan Ibu kami ucapkan Terimakasih.


 Silahkan Lebih Lengkapnya Lihat di Bawah Ini dan Download


Download Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan


https://drive.google.com/file/d/1fBMtnqxIQXyC9sf5h5pxcsmc-hVySJzy/view?usp=sharing


Penelusuran yang terkait dengan contoh proposal kegiatan Ramadhan di sekolah
  • contoh proposal kegiatan ramadhan di sekolah dasar
  • contoh proposal kegiatan sekolah
  • contoh proposal kegiatan sekolah pdf
  • contoh proposal kegiatan sekolah 17 agustus
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal semarak ramadhan
  • contoh pendahuluan proposal kegiatan
  • proposal kegiatan perlombaan ramadhan
  • contoh proposal kegiatan osis smk
  • contoh proposal kegiatan zakat
  • penutup proposal kegiatan

إرسال تعليق for "(DOC ) Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan Terbaru "