Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

(PDF) Contoh Proposal Kegiatan Ramadhan Dan Download File docx Nya

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Yang Baik Dan Benar –  Proposal menjadi sebuah dokumen berisi rancangan yang selalu digunakan dalam berbagai hal, baik dunia pendidikan maupun dunia kerja. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan sistematis, matang, dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian. Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan agar terbiasa berpikir sistematis dan logis seperti yang diperlukan dalam menulis proposal. Diambil dari buku Pengajuan Proposal (2014) karya Huriyyah, dari sudut pandang dunia ilmiah, pengertian proposal adalah rancangan dari suatu usulan sebuah penelitian yang kemudian dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya. Sehingga proposal sama halnya dengan sebuah usulan kegiatan yang memerlukan persetujuan dari pihak lain. Tujuan proposal adalah untuk mendapatkan persetujuan dari suatu pihak mengenai rencana atau rancangan yang akan dilakukan. Baca juga: Pengertian Persebaran Penduduk dan Jenisnya Selain penjelasan mengenai rincian kegiatan, umumnya juga tertera mengenai dana yang akan dibutuhkan dalam pelaksanaannya kecuali pada proposal ilmiah. Sehingga isi keseluruhan proposal harus dapat dimengerti oleh pihak lain yang dimintai izin atau persetujuan.


Fungsi proposal

Proposal memiliki kegunaan yang sangat penting baik pribadi maupun lembaga. Terdapat beberapa fungsi dan keberadaan proposal, yaitu:
  • Untuk melakukan penelitian yang berkenaan dengan agama, sosial, politik, ekonomi, budaya, dan lainnya.
  • Untuk mendirikan usaha kecil, menengah, atau besar.
  • Untuk mengajukan tender dari lembaga-lembaga pemerintah atau swasta.
  • Untuk mengajukan kredit kepada bank.
  • Untuk memberikan informasi detail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana, misalnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lainnya.

 Bagi Anda yang akan menyelenggarakan sebuah kegiatan atau event tapi masih belum tahu mengenai cara penulisannya, Anda dapat menyimak tulisan yang satu ini. Disini akan dijelaskan mengenai tata cara penulisan proposal kegiatan hingga contoh penulisannya.Proposal kegiatan biasanya ditulis oleh pihak penyelenggara event atau kegiatan untuk mengajukan keiginannya dalam melaksanakan event atau kegiatan tersebut.Biasanya proposal kegiatan ini diserahkan kepada penanggung jawab yang berperan besar dalam jalannya kegiatan. Seperti halnya kepala sekolah, rektor kampus, kepala perusahaan, dan lain sebagainya.

Nah, Untuk kamu yang sedang mencari referensi seputar proposal sebuah kegiatan, Kamu bisa melihat kumpulan contoh berikut ini yang bisa dipelajari format pembuatannya serta dapat disesuaikan dengan kegiatan apa yang hendak diselenggarakan. Silahkan disimak

Berikut adalah contoh proposal kegiatan sekolah yang bisa menjadi referensi:

Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan

A. Latar Belakang
Jadwal Awal Puasa Ramadhan tepatnya 1 Ramadhan 1441 Hijriah adalah bulan penting bagi Umat Islam termasuk bangsa Indonesia yang mayoritas berpenduduk Muslim, dimana pada bulan ini terdapat kewajiban yang menjadi salah satu Rukun Islam yaitu Puasa wajib Ramadhan.
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, semoga kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa. “ (QS. Albaqarah :183)

Firman Allah swt dalam Al-Quran surat Al Isra ayat 1 mengatakan yang artinya: Segala puji bagi Allah SWT, Rabb semesta alam. Sholawat dan salam mudah-mudahan senantisasa Allah karuniakan atas penutup dan nabi paling mulia, Muhammad SAW , juga atas segenap keluarga, para sahabat, para tabi’in dan tabiut tabiin serta para pengikut setia beliau hingga akhir zaman. Alhamdulillah, dengan izin Allah pada tahun ini kita akan bertemu dengan bulan yang suci dan mulia yaitu bulan Ramadhan, bulan dimana diwajibkannya puasa dan diturunkannya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW sebagai hidayah kepada manusia. Bulan berkah penuh ampunan dan bulan pembinaan kaum muslimin menuju derajat orang-orang yang bertaqwa. 

Kedatangan bulan Ramadhan yang dinantikan oleh umat islam sebagai momen yang tepat untuk perbaikan diri dan penyucian jiwa (tazkiyatun nafs). Dengan kebersihan hati diharapkan akan memunculkan kekuatan iman dan ruhiyah dalam menghadapi problematika kehidupan yang semakin berat. Oleh karenanya, memasuki bulan mulia ini seyogyanya umat Islam mempersiapkan segala perbekalan dengan baik sehingga tujuan Ramadhan yang mulia  dapat diraih yaitu peningkatan derajat taqwa. Selain taqwa, ukhuwah islamiyah harus terus menerus dibangun dan dipelihara dimuka bumi ini sebagai penjabaran dari aplikasi aktif seluruh ummat muslim dalam menjaga kemaslahatan di dunia dan akherat. Melalui peringatan hari besar Islam (PHBI) yang rutin setiap tahun dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan ukkhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi serta perilaku yang sesuai dengan syariat Islam diawali dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan yang lebih luas lagi.
Kegiatan Peringatan menyambut bulan Ramadhan 2020 tepatnya jatuh tanggal 1 Ramadan 1441 Hijriah merupakan salah satu pengapresiasian dari kita selaku Umat Islam untuk meningkatkan nilai-nilai ibadah, ketaqwaan, pembelajaran, kepedulian di muka bumi ini. Hal ini baik sekali terutama sebagai pembelajaran kepada generasi penerus kita berikutnya. Sebagai bentuk apresiasi yang bermanfaat dan patut dilestarikan kepada anak-anak kita serta pelajar terutama yang ada dilingkungan sekolah kurikulum 

Untuk itulah dalam mengisi bulan Rajab 1441 Hijriah tersebut maka perlu adanya suatu kegiatan, khususnya di lingkungan siswa-siswi SMA kurikulum pelajarancg yang dapat mengantarkan mereka kepada tercapainya hikmah dari puasa Ramadhan dengan tujuan berusaha untuk mengambil peran dalam mengisi bulan suci Ramadhan dengan aktifitas kegiatan dakwah dan sosial. Hal itu dimaksudkan agar Ramadhan dan segala aktifitasnya menjadi bermakna dan memberikan tambahan pahala serta ilmu kepada umat Islam di lingkungan sekitar lingkungan Masyarakat pemuda Sekolah Maka dari itu, kami selaku panitia akan mengadakan acara sambutan Bulan Ramadhan di Lingkungan Sekolah SMA Kurikulum Pelajaran. Kegiatan yang akan kami laksanakan ini tidak terlepas dari momen puasaan Ramadan yang dilaksanakan pada tanggal 24 April 2020 atau Puasa Ramadhan 1441 Hijriah. Selain itu, seluruh warga SMA Kurikulum Pelajaran menyadari bahwa perlunya memupuk kebersamaan dan kerja sama yang baik antara anggota serta saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Oleh karena itu, kegiatan ini direncanakan. Kegiatan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan ini, kami bermaksud menyelenggarakan rangkaian acara Romadhonan.

B. Tujuan Kegiatan
Tujuan dari kegiatan ini dapat dibagi menjadi dua:
1. Tujuan umum :
Tujuan umum diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk menyambut bulan Ramadhan yang jatuh pada tanggal 1 Ramadhan setiap tahunnya.
2. Tujuan khusus :
  • Agar siswa SMA Kurikulum Pelajaran dapat lebih memahami makna dari Menyambut Bulan Suci Ramadhan.
  • Menumbuhkan kecintaan pada bulan suci Ramdhan serta mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat untuk pembinaan keimanan bagi masyarakat.
  • Agar seluruh siswa/i dapat belajar bagaimana bekerja sama dan saling menghormati satu sama lain baik terhadap teman kerabat, orang tua, guru, karyawan sekolah, serta orang sekitar
  • Mengakrabkan tali persaudaraan di lingkungan sekolah.
  • Menjadikan Ramadhan sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial.
  • Kegiatan ini juga agar para siswa lebih mendekatkan diri kepada yang Allah SWT serta lebih menigkatkan amalan-amalan ibadah baik yang wajib maupun sunnah untuk mencapai ketaqwaan.
  • Meningkatkan kekompakan antar-siswa melalui kegiatan Ramadhan.
C. Tema Kegiatan
Jadikan Hikmah Bulan Ramadhan Tahun 1441 H/2020 M sebagai Kokohkan Diri, Tingkatkan Kepedulian, Raih Ketaqwaan bagi Pelajar, guru dan pengurus sekolah yang berjiwa semangat dalam berjuang, mendidik, untuk prestasi anak negeri.

D. Peserta Kegiatan
1. Perwakilan kelas X 2. Perwakilan kelas XI
E. Pelaksanaan Kegiatan
Hari/Tanggal  :    Jumat, 24 April 2020 Waktu             :    07.00 s.d 12.00 WIB Tempat            :    SMA Kurikulum Pelajaran


 Silahkan Lebih Lengkapnya Lihat di Bawah Ini dan Download


Download Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan


https://drive.google.com/file/d/1fBMtnqxIQXyC9sf5h5pxcsmc-hVySJzy/view?usp=sharing


Penelusuran yang terkait dengan Contoh Proposal Kegiatan Sekolah
  • contoh proposal kegiatan kampus
  • contoh proposal kegiatan sekolah 17 agustus
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan pramuka
  • contoh proposal kegiatan pentas seni
  • contoh proposal non formal
  • contoh proposal semi formal
  • contoh proposal pameran
  • contoh proposal penelitian
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal kegiatan bakti sosial
  • contoh proposal kegiatan ulang tahun sekolah

إرسال تعليق for "(PDF) Contoh Proposal Kegiatan Ramadhan Dan Download File docx Nya"