Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Kegiatan Perpisahan Sekolah Dan Download File docx Nya

Contoh proposal. Proposal lazimnya dikenal sebagai sebuah dokumen yang berisi rencana kegiatan yang terancang secara sistematis dan terperinci. Biasanya pembuatan proposal dimaksudkan untuk menjelaskan kepada pihak tertentu akan adanya sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang.
Mengapa dokumen penjelasan ini dibuat karena pelaku atau pelaksana kegiatan meminta dukungan kepada pihak tertentu yang bisa berupa ijin, permintaan dana, penawaran kerjasama, penawaran menjadi sponsor, dan sebagainya.

Pengertian Proposal  Menurut Para Ahli

Kata proposal sendiri berasal dari bahasa Inggris “to propose” yang artinya mengajukan. Berikut pengertian proposal menurut pendapat para ahli sebagai berikut :
  1. Menurut KBBI - proposal berarti rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.
  2. Menurut Rieefky - proposal adalah  suatu bentuk rancangan  kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
  3. Menurut Hasnun Anwar (2004:73) - proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  4. Menurut Jay (2006:1) - proposal adalah alat bantu  menejemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.
  5. Menurut Hadi - proposal adalah suatu usulan tersruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.
  6.  Menurut Keraf (2001:302) - proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu  pekerjaan.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan proposal adalah suatu rancangan kegiatan atau kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci sesuai standar oleh seseorang atau sekelompok peneliti untuk diajukan kepada pihak yang dikehendaki dalam mendapatkan persetujuan maupun bantuan dalam penelitiannya.


Fungsi proposal sendiri dapat dilihat dari berbagai sudut pandang seperti berikut ini:
  1. Di bidang usaha atau bisnis, proposal berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha.
  2. Di bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.
  3. Dalam suatu proyek, proposal berfungsi sebagai dasar melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah maupun swasta.
  4. Proposal berfungsi untuk memberikan informasi mendetail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana untuk pelaksanaan kegiatan, misalnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lain-lain.
Sebelum membuat proposal, unsur unsur atau bagian dari sebuah proposal yang baik perlu diketahui. Secara umum, bagian-bagian proposal terdiri atas Latar belakang masalah, Rumusan masalah, Tujuan penelitian, Hipotesis, Asumsi penelitian, Manfaat penelitian, Ruang lingkup penelitian, Kajian pustaka, Definisi operasional. Tentunya unsur proposal ini tidak kaku harus dimiliki karena hal ini tergantung dari jenis proposal dan rincian kegiatan yang akan dilaksanakan.
Nah, Untuk kamu yang sedang mencari referensi seputar proposal sebuah kegiatan, Kamu bisa melihat kumpulan contoh berikut ini yang bisa dipelajari format pembuatannya serta dapat disesuaikan dengan kegiatan apa yang hendak diselenggarakan. Silahkan disimak




PROPOSAL KEGIATAN PATURAY TINEUNG


A.    Pendahuluan

Tuhan menciptakan setiap hal berpasang-pasangan atau berlawan-lawanan. Siang dan malam, tidur dan terjaga, laki-laki dan perempuan, dan masih banyak lagi. Termasuk di dalamnya adalah pertemuan dan perpisahan.Begitu pula dengan pertemuan. Pada setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan. Saat ini, kami sedang berada pada masa itu. Yaitu, masa akhir-akhir studi kami di sekolah tercinta ini. Oleh karena itu, kami ingin mengadakan sebuah kegiatan yang berkesan pada saat perpisahan nanti.

B.    Dasar Hukum
Kegiatan perpisahan ini didasari dengan aspirasi siswa-siswa SMA IT al-Wasi yang diadakan dalam musyawarah terbuka tahunan oleh OSIS SMA IT al-Wasi.

C.    Nama Kegiatan
Kegiatan perpisahan ini dinamai “Paturay Tineung Siswa Kelas XII SMA IT al-Wasi”.

D.    Tema Kegiatan
Kegiatan perpisahan ini diberi tema “Perpisahan bukan akhir dari pertemanan yang telah terjalain lama, melainkan untuk membangun relasi yang lebih besar lagi”.

E.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Juni 2020 bertempat di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) al-Wasi.

Silahkan Lebih Lengkapnya Lihat di Bawah Ini dan Download




 

Download Proposal Kegiatan Perpisahan Sekolah


https://drive.google.com/file/d/1fBMtnqxIQXyC9sf5h5pxcsmc-hVySJzy/view?usp=sharing


Penelusuran yang terkait dengan contoh proposal
  • contoh proposal lengkap
  • contoh proposal kegiatan kampus
  • contoh proposal pengajuan dana
  • contoh proposal pdf
  • contoh proposal pameran
  • contoh proposal penelitian
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal kegiatan pramuka
  • contoh proposal kegiatan pentas seni
  • contoh proposal kegiatan sekolah 17 agustus
  • contoh proposal usaha

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Kegiatan Perpisahan Sekolah Dan Download File docx Nya"