Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Kegiatan Perusahaan Dan Download File docx Nya

Contoh proposal. Proposal lazimnya dikenal sebagai sebuah dokumen yang berisi rencana kegiatan yang terancang secara sistematis dan terperinci. Biasanya pembuatan proposal dimaksudkan untuk menjelaskan kepada pihak tertentu akan adanya sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang.
Mengapa dokumen penjelasan ini dibuat karena pelaku atau pelaksana kegiatan meminta dukungan kepada pihak tertentu yang bisa berupa ijin, permintaan dana, penawaran kerjasama, penawaran menjadi sponsor, dan sebagainya.

Pengertian Proposal  Menurut Para Ahli

Kata proposal sendiri berasal dari bahasa Inggris “to propose” yang artinya mengajukan. Berikut pengertian proposal menurut pendapat para ahli sebagai berikut :
  1. Menurut KBBI - proposal berarti rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.
  2. Menurut Rieefky - proposal adalah  suatu bentuk rancangan  kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
  3. Menurut Hasnun Anwar (2004:73) - proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  4. Menurut Jay (2006:1) - proposal adalah alat bantu  menejemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.
  5. Menurut Hadi - proposal adalah suatu usulan tersruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.
  6.  Menurut Keraf (2001:302) - proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu  pekerjaan.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan proposal adalah suatu rancangan kegiatan atau kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci sesuai standar oleh seseorang atau sekelompok peneliti untuk diajukan kepada pihak yang dikehendaki dalam mendapatkan persetujuan maupun bantuan dalam penelitiannya.


Fungsi proposal sendiri dapat dilihat dari berbagai sudut pandang seperti berikut ini:
  1. Di bidang usaha atau bisnis, proposal berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha.
  2. Di bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.
  3. Dalam suatu proyek, proposal berfungsi sebagai dasar melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah maupun swasta.
  4. Proposal berfungsi untuk memberikan informasi mendetail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana untuk pelaksanaan kegiatan, misalnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lain-lain.
Sebelum membuat proposal, unsur unsur atau bagian dari sebuah proposal yang baik perlu diketahui. Secara umum, bagian-bagian proposal terdiri atas Latar belakang masalah, Rumusan masalah, Tujuan penelitian, Hipotesis, Asumsi penelitian, Manfaat penelitian, Ruang lingkup penelitian, Kajian pustaka, Definisi operasional. Tentunya unsur proposal ini tidak kaku harus dimiliki karena hal ini tergantung dari jenis proposal dan rincian kegiatan yang akan dilaksanakan.
Nah, Untuk kamu yang sedang mencari referensi seputar proposal sebuah kegiatan, Kamu bisa melihat kumpulan contoh berikut ini yang bisa dipelajari format pembuatannya serta dapat disesuaikan dengan kegiatan apa yang hendak diselenggarakan. Silahkan disimak


PROPOSAL KEGIATAN
PENGADAAN AIR BERSIH
Oleh Isnen Project

LOGO
Lokasi: Kampung Merpati Desa Angsa
Kecamatan Hilir Kabupaten Merak
2020
A. Latar Belakang


Kampung Merpati merupakan kampung yang asri. Di kampung Merpati terdapat banyak lahan pertanian seperti sawah dan kebun. Kampung Merpati juga masih terhitung kampung yang tidak padat penduduk. Dari satu rumah ke rumah lainnya masih di kelilingi dengan halaman.

Keasrian kampung Merpati memang di dukung dengan aliran air yang memadai. Beberapa sungai masih teraliri air. Terdapat juga sumur-sumur yang jarang sekali yang tidak berair. Area persawahan yang membutuhkan air pun dapat mendapatkan air yang cukup.

Tetapi, sistem pengaliran air kadang tidak merata. Selokan-selokan yang ada kadang tidak diatur untuk dibagi ke segala tempat. Berimbas pula pada kebutuhan air di perumahan penduduk. Berdasar dari hal di atas, Isnen Project menawarkan satu program untuk pengadaan air di kampung Merpati tersebut.

B. Tujuan

Kegiatan pengadaan air ini bertujuan untuk:

1. Memberikan sarana air bersih ke perumahan warga.
2. Membantu warga dalam pengadaan air bersih.
3. Memberikan pelatihan kepada warga dalam pengelolaan air bersih.

C. Kepanitiaan

Di dalam program pengadaan air bersih ini, kami membentuk kesatuan panitian sebagai berikut.

Penanggung Jawab : Ahmad Sodiq
Ketua Panitia : Muhammad Albi
Sekretaris : Siti Maemunah
Bendahara : Umi Kultsum
Sie. Lapangan
Rusdi
Hamid
Feri
Dani
Lukman
Andi
Dadang

D. Anggaran Biaya

Pegawai         : Rp. 7.000.000
Pipa         : Rp. 23.000.000
Lem Perekat : Rp. 1.000.000
Peralatan         : Rp. 6.000.000
Meteran Air : Rp. 3.000.000
Jumlah : Rp. 40.000.000

E. Jadwal Pelaksanaan

Kegiatan pengadaan air bersih akan dilaksanakan dimulai dari hari Sabtu, 1 Februari 2020 s/d hari Senin, 10 Februari 2020.

F. Deskripsi Kegiatan


Kegiatan pengadaan air ini merupakan bantuan dari perusahaan Isnen Project yang termasuk pada bagian program kegiatan perusahaan. Isnen Project menjadwalkan 10 hari pembangunan pengadaan air. Setelah bangunan selesai, maka saluran air bisa terus dimanfaatkan oleh masyarakat kampung Merpati.

Kegiatan perusahaan ini tidak memasukkan perawatan air bersih sebagai program. Oleh karena itu, diharapkan kepada warga setempat agar membuat kepengurusan guna bertugas dalam perawatan air bersih ini.

G. Penutup


Pengadaan air bersih ini merupakan salah satu program dari perusahaan Isnen Project. Melihat dari lapangan, bahwa kampung Merpati adalah kampung yang layak untuk mendapatkan program ini. Isnen Project membantu dalam pembangunan dan menyediakan semua fasilitas untuk membangun pengadaan air bersih di wilayah kampung Merpati. Semoga proposal ini bermanfaat dan bisa menjadi maklum bagi semua pihak.



Silahkan Lebih Lengkapnya Lihat di Bawah Ini dan Download


Download Proposal Kegiatan Perusahaan


https://drive.google.com/file/d/1fBMtnqxIQXyC9sf5h5pxcsmc-hVySJzy/view?usp=sharing


Penelusuran yang terkait dengan contoh proposal
  • contoh proposal lengkap
  • contoh proposal kegiatan kampus
  • contoh proposal pengajuan dana
  • contoh proposal pdf
  • contoh proposal pameran
  • contoh proposal penelitian
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal kegiatan pramuka
  • contoh proposal kegiatan pentas seni
  • contoh proposal kegiatan sekolah 17 agustus
  • contoh proposal usaha

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Kegiatan Perusahaan Dan Download File docx Nya"