Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Pendirian Usaha Kedai Bong's Pie Dan Download File docx Nya

Contoh proposal. Proposal lazimnya dikenal sebagai sebuah dokumen yang berisi rencana kegiatan yang terancang secara sistematis dan terperinci. Biasanya pembuatan proposal dimaksudkan untuk menjelaskan kepada pihak tertentu akan adanya sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang.
Mengapa dokumen penjelasan ini dibuat karena pelaku atau pelaksana kegiatan meminta dukungan kepada pihak tertentu yang bisa berupa ijin, permintaan dana, penawaran kerjasama, penawaran menjadi sponsor, dan sebagainya.

Pengertian Proposal  Menurut Para Ahli

Kata proposal sendiri berasal dari bahasa Inggris “to propose” yang artinya mengajukan. Berikut pengertian proposal menurut pendapat para ahli sebagai berikut :
  1. Menurut KBBI - proposal berarti rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.
  2. Menurut Rieefky - proposal adalah  suatu bentuk rancangan  kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
  3. Menurut Hasnun Anwar (2004:73) - proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  4. Menurut Jay (2006:1) - proposal adalah alat bantu  menejemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.
  5. Menurut Hadi - proposal adalah suatu usulan tersruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.
  6.  Menurut Keraf (2001:302) - proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu  pekerjaan.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan proposal adalah suatu rancangan kegiatan atau kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci sesuai standar oleh seseorang atau sekelompok peneliti untuk diajukan kepada pihak yang dikehendaki dalam mendapatkan persetujuan maupun bantuan dalam penelitiannya.


Fungsi proposal sendiri dapat dilihat dari berbagai sudut pandang seperti berikut ini:
  1. Di bidang usaha atau bisnis, proposal berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha.
  2. Di bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.
  3. Dalam suatu proyek, proposal berfungsi sebagai dasar melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah maupun swasta.
  4. Proposal berfungsi untuk memberikan informasi mendetail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana untuk pelaksanaan kegiatan, misalnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lain-lain.
Sebelum membuat proposal, unsur unsur atau bagian dari sebuah proposal yang baik perlu diketahui. Secara umum, bagian-bagian proposal terdiri atas Latar belakang masalah, Rumusan masalah, Tujuan penelitian, Hipotesis, Asumsi penelitian, Manfaat penelitian, Ruang lingkup penelitian, Kajian pustaka, Definisi operasional. Tentunya unsur proposal ini tidak kaku harus dimiliki karena hal ini tergantung dari jenis proposal dan rincian kegiatan yang akan dilaksanakan.
Nah, Untuk kamu yang sedang mencari referensi seputar proposal sebuah kegiatan, Kamu bisa melihat kumpulan contoh berikut ini yang bisa dipelajari format pembuatannya serta dapat disesuaikan dengan kegiatan apa yang hendak diselenggarakan. Silahkan disimak




Proposal Penjualan Green Tea Latte


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Sekarang ini banyak sekali hidangan kue yang beraneka ragam di Indonesia. Berberapa jenis diantaranya berasal dari luar negeri yang masuk melalui era globalisasi, namun ada juga kreasi yang diciptakan oleh masyarakat Indonesia sendiri. Saat ini orang-orang di Indonesia sangat pintar berkreasi, dan biasanya kreasi tersebut datang dari pikiran masyarakat Indonesia sendiri, maupun  yang menggabungkan konsep awal dengan ide baru dan dikombinasikan unsur lokal.
Kita ambil contoh, Kue Cubit, jenis kue asli indonesia ini pada awalnya hanyalah kudapan pinggiran jalan, yang biasa ditemukan disekolah-sekolah, tapi belakangan ini menjadi tenar dikarenakan ada kreasi unik dari kue tersebut. Kue cubit yang hanya memiliki satu rasa disulap menjadi berbagi macam rasa seperti rasa Green Tea (teh hijau) yang belakangan ini sangat populer dikalangan remaja, lalu Buble Gum (permen karet), Red Velvet, Taro, dan lain-lain.

Apa itu Pie ? Pie atau Pastei adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi dari kue pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustart, kacang, dan lain-lain sesuai selera. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pienya, begitu juga kue pie yang berisi daging (ikan atau daging sapi/ayam) hanya saja rasanya lebih gurih.
Di Indonesia Pie sendiri pie seringkali disangkut pautkan dengan Pastel, namun hal itu berbeda jika kita melihat dari sejarahnya. Pie dipercaya pertama kali muncul pada zaman Yunani kuno (abad ke-5 bebelum masehi) serta Romawi kuno (abad ke-1 masehi)  dan biasanya disantap oleh para pelaut, pengelana, ataupun kurir-kurir kerajaan yang sedang melakukan perjalanan jauh.
Karena sifat keawetannya makanan ini selalu dijadikan bekal selama diperjalanan. Sedangkan pastel sendiri datang dari negara eropa latin (Spanyol dan Portugal) dan amerika latin (Puerto Rico dan Brazil), yang paling masuk akal adalah ketika bangsa portugis dan spanyol dulu pernah menduduki beberapa wilayah timur di Indonesia, dan sempat berkolonialisasi, serta menyebarkan agama kristen, maka pada saat itu terjadilah perkenalan kebudayaan terutama dibidang kuliner.
Di Indonesia sebenarnya sudah ada jenis makanan ini, yaitu Pie Susu yang berasal dari Bali dan sejauh yang penulis tahu pada saat kemunculan pertamanya kue pie ini sempat heboh dipemberitaan media, namun seiring berjalannya waktu pie ini sudah redup, meskipun begitu kita masih bisa menemukanya ditoko-toko kue biasa.

Dengan adanya ide ini, penulis ingin mendorong kualitas serta nama hidangan tersebut di Indonesia dengan membangun sebuah kedai Pie yang menyajikan tidak hanya dari rasa yang enak tetapi juga unik dimata para konsumen. Dan juga kedai yang penulis harapkan tidak terfokus pada sajian Pie saja, tapi juga ada sajian makanan dan minuman yang unik lainnya.
Penulis telah memikirkan nama untuk kedai ini, yakni  Bong’s Pie. Nama tersebut merupakan nama panggilan penulis sendiri  dan digabungkan dengan Pie, yang berkeinginan untuk membangun ide penulis menjadi nyata dan bisa menciptakan kreasi kue Pie sendiri berbeda dari yang lainnya dan juga berharap nama tersebut bisa dengan mudah diingat oleh para konsumen dikedepannya.

1.2    Visi dan Misi Usaha

Visi usaha ini adalah memperkenal kan kue Pie dengan ukuran mini sebagai pilihan kuliner yang menarik. Memperkenalkan kepada masyarakat bahwa kue pie tidak harus dengan ukuran yang besar seperti yang biasa dibuat akan tetapi pie dengan ukuran mini adalah dessert yang sehat, enak, dan mengenyangkan serta dapat diolah dengan berbagai rasa. Sedangkan Misi dari usaha ini adalah:
  • Memperkenalkan Bong’s Pie sebagai pilihan kuliner pada saat Break time maupun Hangout dengan teman atau keluarga.
  • Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
  • Menawarkan produk makanan yang berkualitas dan harga yang terjankau.
  • Memperkenalkan jenis sajian Pie ke masyarakat dengan rasa yang ramah dimulut.

Silahkan Lebih Lengkapnya Lihat di Bawah Ini dan Download



 

Download Proposal Pendirian Usaha Kedai Bong's Pie


https://drive.google.com/file/d/1fBMtnqxIQXyC9sf5h5pxcsmc-hVySJzy/view?usp=sharing


Penelusuran yang terkait dengan contoh proposal
  • contoh proposal lengkap
  • contoh proposal kegiatan kampus
  • contoh proposal pengajuan dana
  • contoh proposal pdf
  • contoh proposal pameran
  • contoh proposal penelitian
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal kegiatan pramuka
  • contoh proposal kegiatan pentas seni
  • contoh proposal kegiatan sekolah 17 agustus
  • contoh proposal usaha

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Pendirian Usaha Kedai Bong's Pie Dan Download File docx Nya"