Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Usaha Bakso Bakar Dan Download File docx Nya

Contoh proposal. Proposal lazimnya dikenal sebagai sebuah dokumen yang berisi rencana kegiatan yang terancang secara sistematis dan terperinci. Biasanya pembuatan proposal dimaksudkan untuk menjelaskan kepada pihak tertentu akan adanya sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang.
Mengapa dokumen penjelasan ini dibuat karena pelaku atau pelaksana kegiatan meminta dukungan kepada pihak tertentu yang bisa berupa ijin, permintaan dana, penawaran kerjasama, penawaran menjadi sponsor, dan sebagainya.

Pengertian Proposal  Menurut Para Ahli

Kata proposal sendiri berasal dari bahasa Inggris “to propose” yang artinya mengajukan. Berikut pengertian proposal menurut pendapat para ahli sebagai berikut :
  1. Menurut KBBI - proposal berarti rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.
  2. Menurut Rieefky - proposal adalah  suatu bentuk rancangan  kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
  3. Menurut Hasnun Anwar (2004:73) - proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  4. Menurut Jay (2006:1) - proposal adalah alat bantu  menejemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.
  5. Menurut Hadi - proposal adalah suatu usulan tersruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.
  6.  Menurut Keraf (2001:302) - proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu  pekerjaan.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan proposal adalah suatu rancangan kegiatan atau kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci sesuai standar oleh seseorang atau sekelompok peneliti untuk diajukan kepada pihak yang dikehendaki dalam mendapatkan persetujuan maupun bantuan dalam penelitiannya.


Fungsi proposal sendiri dapat dilihat dari berbagai sudut pandang seperti berikut ini:
  1. Di bidang usaha atau bisnis, proposal berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha.
  2. Di bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.
  3. Dalam suatu proyek, proposal berfungsi sebagai dasar melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah maupun swasta.
  4. Proposal berfungsi untuk memberikan informasi mendetail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana untuk pelaksanaan kegiatan, misalnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lain-lain.
Sebelum membuat proposal, unsur unsur atau bagian dari sebuah proposal yang baik perlu diketahui. Secara umum, bagian-bagian proposal terdiri atas Latar belakang masalah, Rumusan masalah, Tujuan penelitian, Hipotesis, Asumsi penelitian, Manfaat penelitian, Ruang lingkup penelitian, Kajian pustaka, Definisi operasional. Tentunya unsur proposal ini tidak kaku harus dimiliki karena hal ini tergantung dari jenis proposal dan rincian kegiatan yang akan dilaksanakan.
Nah, Untuk kamu yang sedang mencari referensi seputar proposal sebuah kegiatan, Kamu bisa melihat kumpulan contoh berikut ini yang bisa dipelajari format pembuatannya serta dapat disesuaikan dengan kegiatan apa yang hendak diselenggarakan. Silahkan disimak




Proposal Usaha Bakso Bakar


PENDAHULUAN

2.1  Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam membeli sesuatu. Salah satu hal dimana orang sangat hati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika  membeli makanan.
Zaman dulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, baru kemudian memikirkan harga. Oleh karena itu,  bakso banyak menjadi pilihan manusia untuk mengganti makanan utama yaitu nasi, dimana dari segi rasa, bakso menawarkan rasa kenyal dan enak, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi harga, bakso cukup mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
Berdasarkan fenomena diatas maka sangat cocok dan potensial bila kami mendirikan usaha jualan bakso bakar, dimana dari segi rasa memenuhi rasa kenyal dan enak, dari segi gizi bakso bakar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen karena mengandung karbohidrat, dan kalori dll. Dari segi harga bakso bakar terbilang cukup mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Oleh karena itu kami mendirikan usaha di bidang kuliner dengan nama “BAKSO BAKAR Dr. PP” dengan tagline “bakso enak dengan harga bersahabat”

2.1    Sejarah  Berdirinya Usaha
    Usaha ini berawal dari coba – coba terhadap cara penyajian baru dalam mengkonsumsi bakso, kami mencoba – coba membuat bakso bakar. Setelah saya amati usaha ini, belum banyak dan sangat jarang ditemukan di palembang. Dari informasi yang kami peroleh dan melihat peluang bisnis yang menguntungkan, kami memutuskan untuk mencoba berjualan usaha ini. Dalam menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam menjalankannya.

    2.2  Visi
  • Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
  • Menjadi salah satu usaha kuliner tersukses di Palembang, bahkan Indonesia.
  • Menjadi produsen bakso bakar nomor 1 di Indonesia.
    2.3    Misi
  •  Terus berinovasi dalam menciptakan menu-menu yang unik dan menarik.
  • Menciptakan ide-ide kreatif sebagai penarik minat para pembeli.
  • Memberikan pelayanan yang baik dan ramah dalam upaya menarik pembeli.
  •  Menjual produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas dan rasa yg memukau.
    2.4    Tujuan Usaha
    Menjadi salah satu usaha kuliner yang sukses di Palembang dengan omset yang tinggi sehingga dapat membuka banyak cabang di Indonesia dan menampung banyak karyawan.

3.    ASPEK PEMASARAN
3.1.1. Segmen Pasar
            Bakso merupakan makanan yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan umur dimulai dari kalangan anak – anak, remaja, dewasa dan orang tua. Sehingga bakso bakar  Dr. PP ini sangat aman untuk dikonsumsi. Usaha kami disini mempunyai target pasar bagi kaum menengah keatas (B+,A- danA+) akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk kalangan menengah ke bawah untuk bisa menikmati kuliner kami .

    3.1.2. Target Pasar
            Bakso bakar ditargetkan untuk semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa. Adapun Target Pasar yang dituju yaitu Di area kampus MDP tersebut telah di rencanakan secara cermat dan matang karena menurut analisa pasar yang ada, area MDP. Area kampus tidak hanya didominasi oleh masyarakat asli Palembang tetapi juga terdapat kaum pendatang yang biasanya kos ataupun mengontrak di daerah sekitar kampus. Kaum pendatang tersebut kebanyakan adalah kaum muda. Peluang ini dapat kita manfaatkan karena rata-rata anak kos biasanya lebih menyukai hal-hal yang berbau cepat dalam penyajian (cepat saji) serta dapat pula sebagai alternatif makanan lain jika bosan terhadap menu sehari-hari.

    3.1.3. Positioning.
Keunggulan dari produk kami mempunyai berbagai macam pilihan rasa yang unik, dan harga lebih terjangkau dibanding yang lain. Melihat situasi di tempat yang akan dimasuki produk, sepertinya produk bakso bakar  ini akan laku di pasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau dan sangat pas untuk ukuran dompet mahasiswa dan masyarakat Palembang. Selain itu pesaing yang akan menyaingi produk ini tampaknya belum ada khususnya di kampus MDP.

3.2.    Permintaan
    Menurut kelompok kami permintaan yang akan diperoleh dari hasil usaha kami akan meningkat 3x lipat setiap tahun, mengingat produk yang kami tawarkan sangat jarang ada di Palembang.

Silahkan Lebih Lengkapnya Lihat di Bawah Ini dan Download


 

Download Proposal Usaha Bakso Bakar


https://drive.google.com/file/d/1fBMtnqxIQXyC9sf5h5pxcsmc-hVySJzy/view?usp=sharing


Penelusuran yang terkait dengan contoh proposal
  • contoh proposal lengkap
  • contoh proposal kegiatan kampus
  • contoh proposal pengajuan dana
  • contoh proposal pdf
  • contoh proposal pameran
  • contoh proposal penelitian
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal kegiatan pramuka
  • contoh proposal kegiatan pentas seni
  • contoh proposal kegiatan sekolah 17 agustus
  • contoh proposal usaha

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Usaha Bakso Bakar Dan Download File docx Nya"