Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Usaha Thai Tea Dan Download File docx Nya

Contoh proposal. Proposal lazimnya dikenal sebagai sebuah dokumen yang berisi rencana kegiatan yang terancang secara sistematis dan terperinci. Biasanya pembuatan proposal dimaksudkan untuk menjelaskan kepada pihak tertentu akan adanya sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang.
Mengapa dokumen penjelasan ini dibuat karena pelaku atau pelaksana kegiatan meminta dukungan kepada pihak tertentu yang bisa berupa ijin, permintaan dana, penawaran kerjasama, penawaran menjadi sponsor, dan sebagainya.

Pengertian Proposal  Menurut Para Ahli

Kata proposal sendiri berasal dari bahasa Inggris “to propose” yang artinya mengajukan. Berikut pengertian proposal menurut pendapat para ahli sebagai berikut :
  1. Menurut KBBI - proposal berarti rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.
  2. Menurut Rieefky - proposal adalah  suatu bentuk rancangan  kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
  3. Menurut Hasnun Anwar (2004:73) - proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  4. Menurut Jay (2006:1) - proposal adalah alat bantu  menejemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.
  5. Menurut Hadi - proposal adalah suatu usulan tersruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.
  6.  Menurut Keraf (2001:302) - proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu  pekerjaan.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan proposal adalah suatu rancangan kegiatan atau kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci sesuai standar oleh seseorang atau sekelompok peneliti untuk diajukan kepada pihak yang dikehendaki dalam mendapatkan persetujuan maupun bantuan dalam penelitiannya.


Fungsi proposal sendiri dapat dilihat dari berbagai sudut pandang seperti berikut ini:
  1. Di bidang usaha atau bisnis, proposal berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha.
  2. Di bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.
  3. Dalam suatu proyek, proposal berfungsi sebagai dasar melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah maupun swasta.
  4. Proposal berfungsi untuk memberikan informasi mendetail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana untuk pelaksanaan kegiatan, misalnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lain-lain.
Sebelum membuat proposal, unsur unsur atau bagian dari sebuah proposal yang baik perlu diketahui. Secara umum, bagian-bagian proposal terdiri atas Latar belakang masalah, Rumusan masalah, Tujuan penelitian, Hipotesis, Asumsi penelitian, Manfaat penelitian, Ruang lingkup penelitian, Kajian pustaka, Definisi operasional. Tentunya unsur proposal ini tidak kaku harus dimiliki karena hal ini tergantung dari jenis proposal dan rincian kegiatan yang akan dilaksanakan.
Nah, Untuk kamu yang sedang mencari referensi seputar proposal sebuah kegiatan, Kamu bisa melihat kumpulan contoh berikut ini yang bisa dipelajari format pembuatannya serta dapat disesuaikan dengan kegiatan apa yang hendak diselenggarakan. Silahkan disimak




PROPOSAL Usaha Thai Tea




BAB I
PENDAHULUAN
1.1    LATAR BELAKANG
Bisnis atau usaha yang akan didirikan bergerak di bidang kuliner yaitu minuman yang saat ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat yaitu minuman racikan teh thailand. Sebelum akan mendirikan usaha ini terlebih dahulu diperhitungkan segala macam persiapan dalam memulai usaha seperti modal, rencana pemasaran, dan tujuan.
Rencana pemasaran dalam penjualan thai tea ini akan dijual di sebuah lokasi tempat wisata kuliner anak muda. Lokasi yang akan dipilih cukup strategis karena berada di sekitar perumahan, sekolah dan perkantoran. Selain dijajakan di tempat tersebut, akan dijual secara onlinedengan menggunakan fasilitas sosial media seperti instagram, Whatsapp, dll.
Thai tea merupakan salah satu teh dari thailand yang saat ini sedang tren di kalangan masyarakat. Dengan rasanya yang khas dan nikmat, sangat cocok di tenggorokan apabila cuaca sedang terik maupun sebagai pelengkap saat santai bercengkrama bersama orang terdekat. Maka dari itu bisnis ini dinilai cukup menarik untuk dipilih karena masyarakat sudah tak asing dengan cita rasanya.
Di era sekarang ini banyak konsumen yang semakin selektif dalam berperilaku untuk mengkonsumsi dan memilih suatu produk yang diinginkan dan dibutuhannya. Oleh sebab itu, perusahaan atau pengusaha harus semakin cerdas dan inovatif dalam menciptakan produk yang sesuai dengan selera konsumen dan juga harus pandai memilah untuk menciptakan suatu lokasi usaha dimana lokasi tersebut dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut. Konsumen biasanya yang dilihat sebelum membeli yaitu harga dan lokasi nya setelah itu dilihat bagaimana produk yang ditawarkan.

1.2    ALASAN MENDASAR
Wirausaha bukanlah hal yang asing lagi bagi mereka yang biasa berdagang. Kuliner merupakan usaha yang seru dan menyenangkan karena ada kepuasan tersendiri apa yang sudah disajikan kekonsumen. Usaha ini dipilih karena untuk memulai bisnis sebagai pemula dinilai tidak terlalu sulit dan modal yang disiapkan pun tidak terlalu besar. Dengan begitu pendiri bisa menyajikan thai tea dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau dan bersaing. Diharapkan thai tea ini dapat diterima di masyarakat dan sebagai candu di lidah para penikmat kuliner.

1.3    URGENSI
Penulis sempat berpikir bahwa meminum teh adalah budaya Indonesia, oleh karena itu penulis mencoba untuk membuat teh Thaland ini. Meskipun sudah banyak orang yang membuka usaha thai Tea, namun yang saya pikirkan disini adalah bahwa usaha ini bisa dilakukan oleh siapapun dan termasuk jenis usaha yang terbilang mudah apalagi untuk Mahasiswa seperti penulis.
Penulis mencoba mengemas Thai tea bukan hanya dalam kemasan botol dan gelas plastik saja, tetapi juga dalam bentuk es mambo. Hal ini dikarenakan penulis sendiri menyukai es mambo dengan rasa apa saja, maka disini penulis mencoba menjadikan Thai tea dan Green tea dalam bentuk es mambo yang diharapkan bisa menarik minat masyarakat dalam hal inovasi baru dari Thai teayang penulis buat.

1.4    KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN
Dalam hal membuka usaha ini,penulisbermaksud untuk menggunakan kesempatan yang ada, dimana ini berkaitan dengan pekerjaan ayah penulis yang sedang bekerja di Negara Thailand, jadi untuk teh Thailandnya sendiri itu berasal dari sana dan penulis juga belajar membuat teh Thailand ini langsung dari Negaranya. Maka terbentuklah usaha Thai tea karena produk ini sedang marak-maraknya di Indonesia, dan saya beri merek “Sun Thai”.

1.5    PROSES IDENTIFIKASI PELUANG BISNIS
Produk ini memang sudah ada di kalangan masyarakat akan tetapi usaha Thai tea ini berbeda dengan yang lain, dimana penulis membuat inovasi Thai tea dan Green tea dalam varian es mambo sehingga menjadi produk baru serta menarik yang dapat bersaing, mengingat es mambo bukan hal yang asing bagi masyarakat Indonesia khususnya Sukabumi, sehingga penulis mempunyai peluang yang cukup baik, dalam pemasaran.

1.6    MASALAH YANG MENJADI PRIORITAS
a.    Produk tidak tahan lama.
b.    Produk mudah di tiru.
c.    Harga bahan baku tidak stabil.
d.    Persaingan yang ketat



Silahkan Lebih Lengkapnya Lihat di Bawah Ini dan Download


 

Download Proposal Usaha Thai Tea


https://drive.google.com/file/d/1fBMtnqxIQXyC9sf5h5pxcsmc-hVySJzy/view?usp=sharing


Penelusuran yang terkait dengan contoh proposal
  • contoh proposal lengkap
  • contoh proposal kegiatan kampus
  • contoh proposal pengajuan dana
  • contoh proposal pdf
  • contoh proposal pameran
  • contoh proposal penelitian
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal kegiatan pramuka
  • contoh proposal kegiatan pentas seni
  • contoh proposal kegiatan sekolah 17 agustus
  • contoh proposal usaha

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Usaha Thai Tea Dan Download File docx Nya"