Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Kualitatif Dan Download File docx Nya

Contoh Proposal Kualitatif Dan Download File docx Nya


PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF
oleh : Saliman (FPIPS IKIP Yogyakarta)


I.   JUDUL PENELITIAN

Kontribusi Dana IDT dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sidomulyo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo.


II.  PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah

Pemikiran awal yang mendasari studi ini adalah sudah banyak Strategi Pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan sosial, akan tetapi berbagai laporan menunjukkan kekurangberhasilan strategi tersebut. Hal ini dapat dimaklumi, karena pada umumnya strategi tersebut sasarannya adalah pembangunan fisik sarana dan prasarana desa dengan tujuan membuka isolasi dan demi memacu mobilitas ekonomi suatu  kawasan,  sehingga yang dapat merasakan bantuan tersebut hanya sebagian kecil masyarakat saja. Sementara masyarakat kelas marjinal semakin jauh tertinggal.

Sebenarnya pembangunan desa dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa, jikalau pembangunan tersebut memperhatikan potensi desa yang ada  dan  mendasarkan pada kebutuhan masyarakat desa. Akan lebih baik lagi kalau semuanya itu dilaksanakan secara terpadu (integral), seperti diungkapkan oleh Taliziduhu Ndraha sebagai berikut:

“... pembangunan desa meninggikan taraf penghidupan masyarakat desa dengan jalan melaksanakan pembangunan yang integral daripada masyarakat desa,  berdasarkan azas kekuatan sendiri daripada masyarakat desa serta azas permufakatan bersama antara anggota-anggota masyarakat desa dengan bimbingan serta bantuan alat-alat pemerintah yang bertindak sebagai suatu keseluruhan (kebulatan) dalam rangka kebijaksanaan umum yang sama” (1986:3).


Berdasarkan pendapat di atas maka dapat kita ketahui bahwa keberhasilan pembangunan desa tidak akan terlepas dari perhatian dan bantuan pemerintah. Sebenarnya perhatian pemerintah dalam pembangunan desa sampai saat ini boleh dikatakan sudah cukup besar. Penegasan pemerintah mengenai hal ini telah dituangkan dalam ketetapan




MPR Nomor II/MPR/1998 tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) yang menyatakan:
Pembangunan desa dan masyarakat pedesaan terus didorong melalui peningkatan koordinasi dan peningkatan pembangunan sektoral, pengembangan kemampuan sumber daya manusia, pemanfaatan sumber daya alam dan penumbuhan iklim yang mendorong tumbuhnya prakarsa dan swadaya masyarakat sehingga mempercepat peningkatan perkembangan desa swadaya dan desa swakarsa menuju desa swasembada (1998:85-86).


Berbagai strategi pembangunan pedesaan telah ditempuh oleh Indonesia seiring dengan bergulirnya waktu, tetapi keterbelakangan, kemiskinan dan ketertinggalan masih menjadi teman setia dari sebagian desa di wilayah Indonesia. Melihat kenyataan ini maka pada awal PJP II, pemerintah menerapkan strategi pembangunan baru untuk mengatasi kondisi tersebut di atas. Strategi tersebut adalah “Strategi pertumbuhan dan sekaligus pemerataan dan penanggulangan kemiskinan” (growth-cum-poverty alleviation and social equity). Kebijaksanaan ini dilaksanakan dengan dua acuan yaitu: pertama, kebijaksanaan ekonomi makro yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi, sebagai payung dari kebijaksanaan yang kedua, yaitu kebijaksanaan mikro yang akan mewujudkan pemerataan dan penanggulangan kemiskinan melalui intervensi langsung (direct attack) Moeljarto (1996:120)



Kebijaksanaan-kebijaksanaan tersebut diberlakukan secara general pada setiap desa baik yang telah mencapai kategori desa maju maupun yang masih dalam kategori desa terbelakang. Namun ada kebijaksanaan yang benar-benar diberikan pada desa yang masuk pada kategori desa terbelakang, yang dalam hal ini diistilahkan sebagai “Desa Tertinggal”. Untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan pada desa-desa yang masuk kategori desa tertinggal, pemerintah telah memberikan bantuan yang cukup besar dalam paket program yang bernama “Inpres Desa Tertinggal” yang selanjutnya lebih dikenal dengan IDT. Paket tersebut berupa suntikan dana segar sebesar Rp 20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah) setiap tahunnya untuk setiap desa selama empat kali, yang pengelolaannya diserahkan sepenuhnya pada aparat di tingkat desa dengan pengawasan langsung  dari  Camat setempat.

Dengan suntikan dana segar yang pemanfaatannya diserahkan sepenuhnya pada manajemen desa tersebut, maka Kepala Desa beserta masyarakatnya akan lebih leluasadalam membangun desanya. Sehingga secara logika akselerasi pembangunan akan segera terwujud dan pada akhirnya akan mencapai kesejahtaraan seluruh warga desa. Hal ini berarti pemerataan hasil-hasil pembangunan sesuai dengan amanat  GBHN 1998 akan segera terwujud.


B.   Perumusan Masalah

Dari latar belakang di atas, selanjutnya rumusan masalah yang akan diteliti adalah:
  1. Adakah latar belakang budaya yang menyebabkan kemiskinan masyarakat ?
  2. Adakah latar belakang tipologi wilayah yang menyebabkan kemiskinan ?
  3. Mampukah bantuan dana IDT memberdayakan aktivitas ekonomi masyarakat miskin ?
  4. Bagaimana keberhasilan pembangunan pada desa setelah mendapatkan dana IDT ?
  5. Bagaimana model pemberdayaan ekonomi masyarakat desa tersebut ?

C.   Tujuan Penelitian
  1. Untuk mengetahui kemungkinan adanya latar belakang budaya yang menyebabkan kemiskinan.
  2. Untuk mengetahui kemungkinan adanya latar belakang tipologi wilayah yang menyebabkan kemiskinan.
  3. Untuk mengetahui kontribusi dana IDT dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Untuk mengetahui keberhasilan pembangunan desa setelah mendapat dana IDT.Untuk mencari suatu model pemberdayaan ekonomi masyarakat



Baca Juga: Contoh Proposal Makanan Dan Download File docx Nya



File Docx Lengkapnya:

Download contoh proposal kualitatif




Penelusuran yang terkait dengan contoh Proposal

  • contoh proposal lengkap
  • contoh proposal singkat
  • contoh proposal kegiatan sekolah
  • contoh proposal pengajuan dana
  • contoh proposal yang baik dan benar
  • contoh proposal kegiatan kampus
  • contoh proposal penelitian
  • contoh proposal pdf
  • contoh proposal pameran
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan pramuka

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Kualitatif Dan Download File docx Nya"