Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Bisnis Plan Dan Download File docx Nya

Contoh Proposal Bisnis Plan Dan Download File docx Nya



FORMAT BUSINESS PLAN
(FORMAT RENCANA USAHA)


 FORMAT PROPOSAL TERTULIS

1.   COVER DEPAN

1.1    Gambar dan Design menarik
         Gambar dan design cover depan proposal harus dapat mewakilkan jenis dan karakter dari usaha yang tercerminkan dari design dan warna yang sesuai.
1.2    Logo / Lambang Usaha
         Digunakan untuk mempermudah dan membedakan usaha kita di mata konsumen dalam mengingatkan usaha kita dibandingkan dengan pesaing dan nama usaha yang sama.
1.3    Informatif ( nama, alamat, contact no )
         Berisi  informasi nama usaha, domisili / alamat tempat usaha serta nomor telepon yang dapat dihubungi apabila calon investor ataupun konsumen ingin menghubungi.

2.   PENDAHULUAN

2.1    Sejarah  Berdirinya Usaha
         Sejarah berdirinya usaha menggambarkan  kepada calon investor dasar atau landasan usaha ini berdiri apakah cukup kuat secara pengalaman dan keutuhan individu yang terlibat didalamnya.       
2.2    Visi & Misi Usaha
         Visi merupakan cita-cita yang ingin dicapai usaha dalam jangka panjang  (What to Be? )
         Misi merupakan cara-cara yang digunakan usaha dalam mencapai visi usaha (How to Be ?). Misi dapat berupa pernyataan kalimat atau kata yang mengingatkan pelaku usaha untuk bekerja sesuai Misi dalam mencapai Visi.

3.   ASPEK PEMASARAN

3.1       Gambaran Umum Pasar ( STP )
            Segmen Pasar merupakan gambaran umum dari konsumen usaha kita
            Target Pasar merupakan sasaran khusus bagi konsumen potensial dari usaha kita.
            Positioning adalah bagaimana kita menempatkan usaha kita diantara pesaing usaha yang sejenis.
3.2.            Permintaan
·         Perkiraan / prediksi jumlah permintaan konsumen terhadap produk.
·         Proyeksikan permintaan konsumen dalam beberapa periode / tahun mendatang seperti kenaikan x % per tahun sesuai kenaikan jumlah penduduk
Tahun
Perkiraan Permintaan
( dalam Unit )







3.3.            Penawaran
·                     Penawaran dari produk pesaing sejenis di pasar
Nama Perusahaan
Pesaing
Kapasitas Produksi / Tahun
( dalam Unit )







·         Proyeksi penawaran dalam beberapa periode / tahun mendatang. Proyeksi penawaran disesuaikan dengan permintaan seperti kenaikan x % per tahun sesuai pertumbuhan ekonomi.
Tahun
Perkiraan Penawaran
( dalam Unit )












3.4.            Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar

Rencana Penjualan adalah rencana produk yang akan dijual dalam waktu 1 tahun disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran.
Pangsa Pasar adalah  bagian dari penjualan produk kita dibandingkan dengan penjualan total produk sejenis dalam industri

Tahun
Permintaan
(A)
Penawaran
(B)
Peluang
(C = A-B)
Rencana
Penjualan
Pangsa Pasar
(E = DX100% / C)


















3.5.            Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
Strategi Pemasaran Perusahaan dilakukan berdasarkan analisa 7 P dengan alat analisis SWOT menurut Kottler yang terdiri atas :
3.5.1.      Product
Strategi mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk usaha kita dapat dibedakan berdasarkan mutu / kualitas, ukuran, desain, kemasan, dan kegunaan lebih dibandingkan pesaing.
3.5.2.      Price
Strategi mengenai bagaimana produk kita lebih menarik konsumen dari segi harga dibandingkan pesaing. Umumnya konsumen lebih tertarik kepada produk dengan harga yang lebih murah. Selainnya itu dari segi harga, kita dapat membedakan produk kita berdasarkan harga satuan dan harga grosir, syarat pembayaran, diskon/potongan harga,
3.5.3.      Promotion
Strategi mengenai bagaimana produk kita dapat dikenal oleh konsumen melalui beberapa cara :
·         Advertising (Iklan)
Beriklan dapat dilakukan melalui media berikut :
-          Media Cetak : Brosur, spanduk, poster, iklan majalah/koran.
-          Media TV dan Radio : Iklan TV, Jingle Iklan Radio
·         Sales Promotion
Promosi melalui acara / pameran yang digelar di tempat keramaian dimana konsumen produk berada dan juga dilakukan penjualan ditempat.
·         Personal Selling
Promosi melalui penjualan langsung ke tempat konsumen berada dengan menawarkan dan mencoba produk langsung.
·         Public Relation
Cara promosi ini cenderung untuk membuat image perusahaan baik dimata konsumen bukan mempromosikan produk secara langsung. Umumnya dilakukan oleh perusahaan besar.
3.5.4.      Placement
Merupakan cara untuk mendistribusikan produk kita untuk sampai ke tangan konsumen. Sistem distribusi yang dilakukan dapat secara langsung ke konsumen atau melalui pedagang perantara seperti wholesaler   (pedagang besar) atau retailer (pedagang kecil).
3.5.5.      People
Merupakan kriteria sumber daya manusia secara umum yang dapat meningkatkan penjualan produk ke konsumen secara langsung ataupun tidak langsung.
3.5.6.      Process
Proses yang ditampilkan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli. Proses yang dapat ditampilkan seperti proses produksi yang baik ataupun proses pelayanan terhadap konsumen.
3.5.7.      Physical Evidence
Penampilan fisik dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Seperti tempat yang menarik dan bersih untuk restoran.
            Note :
·               Semua strategi pemasaran yang dibuat berdasarkan 7 P diatas haruslah dibandingkan dengan strategi pemasaran yang diterapkan oleh pesaing. Strategi pemasaran yang kita buat harus berbeda dan lebih unggul dalam menarik konsumen.
·               Semua strategi pemasaran yang dibuat pastilah mempunyai anggaran / biaya sehingga perlu dicatat biaya yang  dikeluarkan per bagian P.






ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN

4.1       Aspek Organisasi
·               Nama Perusahaan / Usaha
·               Nama Pemilik / Pimpinan
·               Alamat kantor dan tempat usaha
·               Bentuk Badan Hukum ( Kalo berbentuk Badan Hukum )
·               Struktur Organisasi
·               Jabatan, Jumlah staf, Uraian Tugas, dan Penggajian


Jabatan

Uraian Tugas
(A)
Jumlah
(B)
Gaji / Bulan
(C)
Total
(BxC)
Pimpinan




1. Direksi




Staf




1. Bag. Pemasaran




2. Bag. Produksi




3. Bag. Keuangan




Total Gaji / Bulan





Baca Juga: Contoh Proposal Magang Dan Download File docx Nya


File Docx Lengkapnya:

Download contoh proposal bisnis plan





Penelusuran yang terkait dengan contoh Proposal

  • contoh proposal lengkap
  • contoh proposal singkat
  • contoh proposal kegiatan sekolah
  • contoh proposal pengajuan dana
  • contoh proposal yang baik dan benar
  • contoh proposal kegiatan kampus
  • contoh proposal penelitian
  • contoh proposal pdf
  • contoh proposal pameran
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan pramuka

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Bisnis Plan Dan Download File docx Nya"