Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Usaha Laundry Dan Download File docx Nya

Contoh proposal. Proposal lazimnya dikenal sebagai sebuah dokumen yang berisi rencana kegiatan yang terancang secara sistematis dan terperinci. Biasanya pembuatan proposal dimaksudkan untuk menjelaskan kepada pihak tertentu akan adanya sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang.
Mengapa dokumen penjelasan ini dibuat karena pelaku atau pelaksana kegiatan meminta dukungan kepada pihak tertentu yang bisa berupa ijin, permintaan dana, penawaran kerjasama, penawaran menjadi sponsor, dan sebagainya.

Pengertian Proposal  Menurut Para Ahli

Kata proposal sendiri berasal dari bahasa Inggris “to propose” yang artinya mengajukan. Berikut pengertian proposal menurut pendapat para ahli sebagai berikut :
  1. Menurut KBBI - proposal berarti rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.
  2. Menurut Rieefky - proposal adalah  suatu bentuk rancangan  kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
  3. Menurut Hasnun Anwar (2004:73) - proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  4. Menurut Jay (2006:1) - proposal adalah alat bantu  menejemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.
  5. Menurut Hadi - proposal adalah suatu usulan tersruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.
  6.  Menurut Keraf (2001:302) - proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu  pekerjaan.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan proposal adalah suatu rancangan kegiatan atau kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci sesuai standar oleh seseorang atau sekelompok peneliti untuk diajukan kepada pihak yang dikehendaki dalam mendapatkan persetujuan maupun bantuan dalam penelitiannya.


Fungsi proposal sendiri dapat dilihat dari berbagai sudut pandang seperti berikut ini:
  1. Di bidang usaha atau bisnis, proposal berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha.
  2. Di bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.
  3. Dalam suatu proyek, proposal berfungsi sebagai dasar melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah maupun swasta.
  4. Proposal berfungsi untuk memberikan informasi mendetail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana untuk pelaksanaan kegiatan, misalnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lain-lain.
Sebelum membuat proposal, unsur unsur atau bagian dari sebuah proposal yang baik perlu diketahui. Secara umum, bagian-bagian proposal terdiri atas Latar belakang masalah, Rumusan masalah, Tujuan penelitian, Hipotesis, Asumsi penelitian, Manfaat penelitian, Ruang lingkup penelitian, Kajian pustaka, Definisi operasional. Tentunya unsur proposal ini tidak kaku harus dimiliki karena hal ini tergantung dari jenis proposal dan rincian kegiatan yang akan dilaksanakan.
Nah, Untuk kamu yang sedang mencari referensi seputar proposal sebuah kegiatan, Kamu bisa melihat kumpulan contoh berikut ini yang bisa dipelajari format pembuatannya serta dapat disesuaikan dengan kegiatan apa yang hendak diselenggarakan. Silahkan disimak




PROPOSAL USAHA LAUNDRY


Jl. Pahlawan Kerja Kec. Marpoyan Damai Kota Pekanbaru
2020

A.    Latar Belakang


Berwirausaha merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh manusia untuk menyambung hidup. Berbicara tentang usaha atau bekerja, kami dari Isnen Project mengembangkan berbagai cabang usaha demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Demi mewujudkan visi di atas, kami berinisiatif untuk memulai usaha laudry. Usaha laundry merupakan usaha yang menjanjikan meskipun skalanya tidak begitu besar. Usaha laundry memiliki target pasar yang jelas dan tetap.

B.    Deskripsi Bisnis


Kami selaku rekan-rekan dari Isnen Project akan memulai membuka cabang usaha baru, yakni usaha laundry. Usaha laundry merupakan usaha jasa pencucian pakaian dan alat-alat rumah tangga yang termasuk kategori terbuat dari benang. Pakaian seperti baju, celana, peralatan tidur, alas-alas lantai seperti karpet adalah beberapa contoh barang yang dapat dilaundry.
Usaha laundry ini menargetkan wilayah pemasaran dalam cakupan ruang lingkup kecamatan. Dengan cakupan tersebut, maka target dari usaha laundry ini dapat dikategorikan luas dan besar. Oleh karena itu, kita akan memerlukan tempat khusus untuk usaha dengan melibatkan beberapa karyawan pekerja.

C.    Survei Pasar


Dalam menjalankan sebuah usaha diperlukan survei pasar. Survei pasar adalah salah satu strategi usaha untuk melihat dan meneliti keadaan di pasaran sehingga dapat diterapkan pada usaha yang akan kami jalankan.
Kami melakukan survei pada tiga kategori: pesaing, konsumen, dan kualitas. Survei menunjukkan bahwa di wilayah yang kami targetkan sebagai usaha, hanya terdapat dua jasa usaha laundry yang sudah berjalan.
Perihal konsumen, survei menerangkan bahwa dari semua jumlah warga, sekitar 30% adalah pengguna aktif jasa laundry barang ringan seperti pakaian sehari-hari. Jika dijumlahkan dengan pengguna jasa laundry barang berat seperti karpet dan peralatan tidur, pengguna aktif jasa laundry adalah sekitar 50%.
Perihal kualitas, kami telah mensurvei dan menemukan fakta bahwa kepuasan konsumen terhadap jasa laundry yang telah berjalan adalah sekitar 60%. Angka tersebut adalah angka

yang kecil untuk kategori kualitas. Fakta yang kami dapat dari survei adalah terdapat ketidakpuasan dikarenakan waktu pencucian yang lama
.

D.    Peluang Bisnis


Berdasarkan survei pasar di atas, maka kami membuat beberapa poin-poin yang menerangkan tentang peluang bisnis ini.
  1. Sedikitnya jumlah pesaing dalam cakupan kecamatan menjadi salah satu faktor peluang bisnis usaha laundry ini.
  2. Jumlah konsumen memang tidak lebih dari angka 50% dari jumlah penduduk. Tetapi jika cakupannya adalah kecamatan, maka jumlah yang tertera pada survei pasar sudah menjadi jumlah yang cukup untuk dijadikan peluang bisnis ini.
  3. Kualitas jasa usaha laundry ini sangat kami garis bawahi. Pasalnya dengan meningkatkan kualitas berdasarkan keluahan konsumen, itu menjadi faktor yang sangat penting dalam memulai usaha laundry ini.

E.    Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Berikut ini adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry.
  •  Mesin cuci
  • Penjemuran
  • Sabun cuci
  • Setrika
  • Kantong plastik

F. Perencanaan Anggaran

  • Tempat
Tempat yang dimaksud di sini adalah tempat lokasi usaha laundry. Usaha laundry ini membutuhkan tempat dengan tiga ruangan untuk pencucian, penjemuran, dan pelayanan. Diperkirakan ruangan yang dibutuhkan seluas 50m2. Biaya yang diperlukan untuk pembuatan tempat adalah sekitar Rp. 100.000.000,00.
  • Mesin cuci
1 Paket    : Rp. 16.000.000,00
  • Penjemuran

1 Paket    : Rp. 1.000.000,00
  • Sabun cuci    : Rp. 500.000,00 untuk satu bulan pertama
  •  Setrika    : Rp. 1.500.000,00 untuk dua buah
  • Kantong plastik    : Rp. 300.000,00 untuk satu paket

G.    Penutup


Jasa usaha laundry ini bukan lah usaha jenis baru di wilayah usaha jasa. Tetapi bukan lah hal buruk jika kita mencoba membuka usaha laundry ini. Poin yang harus jadi pertimbangan adalah peluang bisnis. Jika peluangnya bagus, maka kenapa tidak kita mencobanya. Semoga usaha laundry ini berjalan, berhasil, dan penuh keberkahan.



Silahkan Lebih Lengkapnya Lihat di Bawah Ini dan Download


Download Proposal Usaha Laundry


https://drive.google.com/file/d/1fBMtnqxIQXyC9sf5h5pxcsmc-hVySJzy/view?usp=sharing


Penelusuran yang terkait dengan contoh proposal
  • contoh proposal lengkap
  • contoh proposal kegiatan kampus
  • contoh proposal pengajuan dana
  • contoh proposal pdf
  • contoh proposal pameran
  • contoh proposal penelitian
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal kegiatan pramuka
  • contoh proposal kegiatan pentas seni
  • contoh proposal kegiatan sekolah 17 agustus
  • contoh proposal usaha

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Usaha Laundry Dan Download File docx Nya"