Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Usaha Makanan Risoles Dan Download File docx Nya

Contoh proposal. Proposal lazimnya dikenal sebagai sebuah dokumen yang berisi rencana kegiatan yang terancang secara sistematis dan terperinci. Biasanya pembuatan proposal dimaksudkan untuk menjelaskan kepada pihak tertentu akan adanya sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang.
Mengapa dokumen penjelasan ini dibuat karena pelaku atau pelaksana kegiatan meminta dukungan kepada pihak tertentu yang bisa berupa ijin, permintaan dana, penawaran kerjasama, penawaran menjadi sponsor, dan sebagainya.

Pengertian Proposal  Menurut Para Ahli

Kata proposal sendiri berasal dari bahasa Inggris “to propose” yang artinya mengajukan. Berikut pengertian proposal menurut pendapat para ahli sebagai berikut :
  1. Menurut KBBI - proposal berarti rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.
  2. Menurut Rieefky - proposal adalah  suatu bentuk rancangan  kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
  3. Menurut Hasnun Anwar (2004:73) - proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  4. Menurut Jay (2006:1) - proposal adalah alat bantu  menejemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.
  5. Menurut Hadi - proposal adalah suatu usulan tersruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.
  6.  Menurut Keraf (2001:302) - proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu  pekerjaan.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan proposal adalah suatu rancangan kegiatan atau kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci sesuai standar oleh seseorang atau sekelompok peneliti untuk diajukan kepada pihak yang dikehendaki dalam mendapatkan persetujuan maupun bantuan dalam penelitiannya.


Fungsi proposal sendiri dapat dilihat dari berbagai sudut pandang seperti berikut ini:
  1. Di bidang usaha atau bisnis, proposal berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha.
  2. Di bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.
  3. Dalam suatu proyek, proposal berfungsi sebagai dasar melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah maupun swasta.
  4. Proposal berfungsi untuk memberikan informasi mendetail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana untuk pelaksanaan kegiatan, misalnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lain-lain.
Sebelum membuat proposal, unsur unsur atau bagian dari sebuah proposal yang baik perlu diketahui. Secara umum, bagian-bagian proposal terdiri atas Latar belakang masalah, Rumusan masalah, Tujuan penelitian, Hipotesis, Asumsi penelitian, Manfaat penelitian, Ruang lingkup penelitian, Kajian pustaka, Definisi operasional. Tentunya unsur proposal ini tidak kaku harus dimiliki karena hal ini tergantung dari jenis proposal dan rincian kegiatan yang akan dilaksanakan.
Nah, Untuk kamu yang sedang mencari referensi seputar proposal sebuah kegiatan, Kamu bisa melihat kumpulan contoh berikut ini yang bisa dipelajari format pembuatannya serta dapat disesuaikan dengan kegiatan apa yang hendak diselenggarakan. Silahkan disimak




PROPOSAL USAHA MAKANAN RISOLES




Jl. Padarame Ds. Neglasari Kec. Cisompet Kab. Garut

2020

A.     Latar Belakang

Makanan risoles adalah makanan ringan yang terbuat dari terigu krispi yang diisi di dalamnya dengan berbagai jenis makanan pelengkap, misalnya sayur-sayuran atau pun daging. Makanan risoles dapat kita temukan di kios-kios kue atau dari penjaja makanan ringan keliling.Makanan risoles ini dapat dibuat usaha sehari-hari. Ya, tentunya dengan berdagang. Makakan risoles ini juga dapat dibuat sebagai industri rumahan. Jadi kita dapat membuat makanan risoles untuk selanjutnya dijual baik itu disimpan di kios-kios atau pun dititipa kepada penjajap makanan ringan.

Tujuan dari pembuatan proposal usaha untuk makanan risoles ini adalah untuk membuat usaha risoles yang lebih maju dan modern. Tentunya apabila usaha makanan risoles ini diproposalkan maka kita akan mendapatkan kejelesan yang bersifat formal mengenai usaha ini.

B.     Deskripsi Bisnis

Usaha makanan risoles ini digagas oleh perusahaan Isnen Project. Salah satu bidang di perusahaan tersebut adalah pengembangan usaha menengah. Kami dari Isnen Project mengkategorikan usaha makanan risoles ini kepada kategori usaha menengah. Dan kami akan memulai usaha makanan risoles ini yang akan dikelola oleh bidang yang berdiri sendiri.Usaha makanan risoles yang akan kami inisiasi merupakan usaha dagang rumahan. Makanan risoles ini nantinya akan didistribusikan ke warung-warung dan juga penjajap makanan keliling. Kami tidak akan melakukan rekrutmen pegawai karena untuk produksinya akan cukup dilakukan oleh keluarga saja.

C.     Survei Pasar

Untuk memulai sebuah usaha dalam hal ini usaha makanan risoles, diperlukan sebuah survei yang mengkaji keadaan pasar. Survei itu disebut survei pasar. Kami telah melakukan survei pasar untuk usaha makanan risoles ini.Pertama, keadaan di pasaran. Makanan risoles ini merupakan makanan ringan. Biasanya para konsumen membutuhkan makanan risoles ini untuk makanan ringan sehari-hari dan juga untuk hidangan syukuran. Dengan menargetkan pasaran wilayah kecamatan, maka sangat memungkinkan untuk memulai usaha makanan risoles ini.

Kedua, perihal pesaing. Sudah lumayan banyak pengusaha makanan risoles ini. Data yang kami dapatkan menyatakan bahwa sekitar empat pengusaha risoles ini yang membuat usahanya

berdesain industri rumahan. Oleh karena itu untuk mensiasati persaingan, kami akan membuat usaha dengan modal lebih besar dan pemasaran lebih modern dan menarik dengan tidak melupakan kualitas.

D. Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan sebuah analisa kewirausahaan. Terdapat empat poin yang dianalisa dalam keiwarusahaan: strenght (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang), dan threat (ancaman).

Berikut ini analisis SWOT bagi usaha makanan risoles.

1.   Strenght
Usaha makanan risoles ini merupakan jenis usaha makanan yang mana konsumen bagi sebuah usaha makanan tidak akan pernah padam atau mati. Jika pemeliharaan usaha makanan risoles ini bagus maka usaha ini akan terus berjalan.

2. Weakness
Usaha makanan risoles ini merupakan usaha makanan ringan yang mudah basi karena tanpa pengawet. Oleh karena itu dibutuhkan pemasaran yang bagus agar produk tidak basi karena tidak terjual.

3.  Opportunities
Karena jenis usaha makanan ini selalu memiliki konsumen, maka pendapatan akan selalu mengalir bagi pengusaha.

4. Threat
Usaha makanan risoles ini tidak akan bisa menjadi usaha skala besar dihubungkan dengan produknya yang tidak tahan lama. Karena skala kecil tersebut penghasilan yang didapat akan kecil.

E.      Penutup

Usaha makanan risoles ini merupakan usaha yang digagas oleh perusahaan induk Isnen Project dengan mempercayakan pengurusannya kepada industri rumahan. Usaha ini termasuk kategori usaha skala kecil, memiliki wilayah pemasaran yang kecil dan laba yang kecil pula.

Akan tetapi dengan memberlakukan pemasaran dan peningkatan kualitas terhdapat produk, laba kecil tidak menjadi masalah selama usaha ini bisa berjalan lama dan terus menerus. Semoga usaha makanan risoles ini berjalan lancar dan penuh keberkahan.



Silahkan Lebih Lengkapnya Lihat di Bawah Ini dan Download


Download Proposal Usaha Makanan Risoles


https://drive.google.com/file/d/1fBMtnqxIQXyC9sf5h5pxcsmc-hVySJzy/view?usp=sharing


Penelusuran yang terkait dengan contoh proposal
  • contoh proposal lengkap
  • contoh proposal kegiatan kampus
  • contoh proposal pengajuan dana
  • contoh proposal pdf
  • contoh proposal pameran
  • contoh proposal penelitian
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal kegiatan pramuka
  • contoh proposal kegiatan pentas seni
  • contoh proposal kegiatan sekolah 17 agustus
  • contoh proposal usaha

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Usaha Makanan Risoles Dan Download File docx Nya"