Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Contoh Proposal Ramadhan Terbaru [LENGKAP & SIMPEL]

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Yang Baik Dan Benar –  Proposal menjadi sebuah dokumen berisi rancangan yang selalu digunakan dalam berbagai hal, baik dunia pendidikan maupun dunia kerja. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan sistematis, matang, dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian. Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan agar terbiasa berpikir sistematis dan logis seperti yang diperlukan dalam menulis proposal. Diambil dari buku Pengajuan Proposal (2014) karya Huriyyah, dari sudut pandang dunia ilmiah, pengertian proposal adalah rancangan dari suatu usulan sebuah penelitian yang kemudian dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya. Sehingga proposal sama halnya dengan sebuah usulan kegiatan yang memerlukan persetujuan dari pihak lain. Tujuan proposal adalah untuk mendapatkan persetujuan dari suatu pihak mengenai rencana atau rancangan yang akan dilakukan. Baca juga: Pengertian Persebaran Penduduk dan Jenisnya Selain penjelasan mengenai rincian kegiatan, umumnya juga tertera mengenai dana yang akan dibutuhkan dalam pelaksanaannya kecuali pada proposal ilmiah. Sehingga isi keseluruhan proposal harus dapat dimengerti oleh pihak lain yang dimintai izin atau persetujuan.


Fungsi proposal

Proposal memiliki kegunaan yang sangat penting baik pribadi maupun lembaga. Terdapat beberapa fungsi dan keberadaan proposal, yaitu:
  • Untuk melakukan penelitian yang berkenaan dengan agama, sosial, politik, ekonomi, budaya, dan lainnya.
  • Untuk mendirikan usaha kecil, menengah, atau besar.
  • Untuk mengajukan tender dari lembaga-lembaga pemerintah atau swasta.
  • Untuk mengajukan kredit kepada bank.
  • Untuk memberikan informasi detail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana, misalnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lainnya.

 Bagi Anda yang akan menyelenggarakan sebuah kegiatan atau event tapi masih belum tahu mengenai cara penulisannya, Anda dapat menyimak tulisan yang satu ini. Disini akan dijelaskan mengenai tata cara penulisan proposal kegiatan hingga contoh penulisannya.Proposal kegiatan biasanya ditulis oleh pihak penyelenggara event atau kegiatan untuk mengajukan keiginannya dalam melaksanakan event atau kegiatan tersebut.Biasanya proposal kegiatan ini diserahkan kepada penanggung jawab yang berperan besar dalam jalannya kegiatan. Seperti halnya kepala sekolah, rektor kampus, kepala perusahaan, dan lain sebagainya.

Nah, Untuk kamu yang sedang mencari referensi seputar proposal sebuah kegiatan, Kamu bisa melihat kumpulan contoh berikut ini yang bisa dipelajari format pembuatannya serta dapat disesuaikan dengan kegiatan apa yang hendak diselenggarakan. Silahkan disimak

Berikut adalah contoh proposal kegiatan sekolah yang bisa menjadi referensi:

Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan

A. LATAR BELAKANG
Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan penuh berkah, karena pada bulan Ramadhan Allah SWT menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi ummat manusia dan dia melipatgandakan nilai pahala amal kebajikan manusia. Bulan Ramadhan merupakan moment yang tepat bagi kita untuk memperbanyak amal kebaikan, baik dalam bentuk ibadah langsung kepada Allah SWT maupun yang tersalur melalui kegiatan yang bernilai positif. Selain sebagai sarana untuk melakukan instrospeksi dan mereformasi diri, bulan Ramadhan juga adalah saat yang sangat tepat untuk lebih meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap sesama. Kemudian dalam rangka mengisi kegiatan ibadah khusus di bulan Ramadhan 1438 H ini, maka kami dari Himpunan Pemuda Muslim (HPM) As-Sakinah kabupaten Maros menggelar “Pesantren Ramadhan 1438 H” yang dimana kegiatan tersebut melibatkan siswa-siswi baik dari sekolah Umum maupun madrasah dari tingkatan SD, SMP, dan SMA atau sederajat dan kami juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat terkhusus  bagi kaum muda untuk lebih memahami perintah-perintah yang diajarkan didalam Agama Islam, maka dari itu kami mengikut sertakan materi umum berkaitan dengan masalah Narkotika karena pesan UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA, kami menyadari Narkotika bukan hanya tugas pemerintah tetapi tugas kita bersama terutama mensosialisasikan dampak negatif dari barang tersebut. Oleh sebab itu besar harapan kami Bapak/Ibu mendukung kegiatan tersebut baik moril maupun materil.

B.    TUJUAN KEGIATAN
Tujuan diselenggarakannya kegiatan Pesantren Ramadhan 1438 H oleh HPM As-Sakinah adalah :
  1. Meningkatkan pemahaman ilmu Agama Islam bagi masyarakat Maros yang duduk dibangku sekolah baik SD, SMP dan SMA maupun sederajat dan Umum.
  2. Ikut serta dalam amanat UUD 1945 dalam mencerdaskan kehidupan bangsa utamanya dalam pemahaman Ilmu Agama Islam & Bahaya Narkoba pada masyarakat Maros.
  3. Agar supaya masyarakat Maros bisa lebih menyadari betapa pentingnya mempelajari ilmu Agama Islam & bahaya Narkoba.

C.     NAMA,TEMA KEGIATAN & TEMPAT KEGIATAN
Nama Kegiatan    : Pesantren Ramadhan 1438 H
Tema kegiatan    : “Dengan kemuliaan Bulan Ramadhan Kita Tingkatkan
Keimanan, Keilmuan Serta Ketaqwaan Kita Kepada Allah SW”
Tempat Kegiatan    : Kegiatan ini dilaksanakan di lima lokasi :
  1. Masjid Nurul Falah Talamangape
  2. Masjid Nurul Alamin Macoa
  3.  Masjid Syuhada 45 Bonto Kadatto
  4. Masjid Nurul Mukminin Belang-belang
  5. Masjid Nurul JamaahTaipa
D.     BENTUK KEGIATAN
Kegiatan ini adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya, namun pada bulan Ramadhan 1438 H kami membuat konsep yang berbeda karena memadukan edukasi tentang Bahaya Narkotika dan juga kami mengajak seluruh warga kabupaten Maros yang berkompeten untuk berbagi ilmu dengan gerakan Ayo Mengajar, One day One People .
Kerjasama Antar Organiasi :
Terkait masalah materi tentang bahaya Narkotika, maka kami bekerjasama dengan GRANAT (Gerakan Nasional Anti Narkotika) Maros.

E.     PESERTA
Peserta terdiri dari kalangan Pelajar dan Umum :
Pelajar    : SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA.
Umum    : Mahasiswa & Masyarakat Umum
F.     PENYELENGGARA
Penyelenggara kegiatan ini adalah HPM As-Sakinah kabupaten Maros yang bekerja sama dengan GRANAT Maros.

G.    JADWAL DAN LOKASI KEGIATAN
Kegiatan pesantren Ramadhan dilaksanakan di Lima Masjid di kabupaten maros , Talamangape, Macoa, Bonto Kadatto, Belang-belang & Taipa dimana tiap-tiap masjid terlaksana selama tiga hari.
H.    SUSUNAN ACARA
Hari Pertama    : Pembukaan, Materi Tajwid dan bahaya Narkotika
Hari Kedua    : Piqhi Dasar & Praktiknya
Hari Ketiga    : Sejarah Islam & Buka Bersama (Mulai 14.00 Wita)


 Silahkan Lebih Lengkapnya Lihat di Bawah Ini dan Download


Download Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan


https://drive.google.com/file/d/1fBMtnqxIQXyC9sf5h5pxcsmc-hVySJzy/view?usp=sharing


Penelusuran yang terkait dengan Contoh Proposal Kegiatan Sekolah
  • contoh proposal kegiatan kampus
  • contoh proposal kegiatan sekolah 17 agustus
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan pramuka
  • contoh proposal kegiatan pentas seni
  • contoh proposal non formal
  • contoh proposal semi formal
  • contoh proposal pameran
  • contoh proposal penelitian
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal kegiatan bakti sosial
  • contoh proposal kegiatan ulang tahun sekolah

Posting Komentar untuk "Download Contoh Proposal Ramadhan Terbaru [LENGKAP & SIMPEL]"