Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Download File docx Nya

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  Dan Download File docx Nya



Judul:


MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN KELAS VIIB
SMPN 2 SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA




BAB I PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang Masalah

Matematika merupakan ilmu dasar yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak siswa di sekolah memandang matematika sebagai bidang studi yang paling sulit. Padahal matematika merupakan mata pelajaran yang banyak berguna dalam kehidupan dan merupakan salah satu mata pelajaran yang di ujikan dalam UNAS. Ini berarti matematika merupakan sarana berpikir logis untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu matematika perlu diajarkan pada setiap jenjang pendidikan di sekolah.

SMP Negeri 2 Srandakan mempunyai 11 kelas yaitu kelas VII empat kelas, kelas VIII empat kelas dan kelas IX tiga kelas yang masing-masing kelas terdiri dari 35-36 siswa. SMP Negeri 2 Srandakan mempunyai empat guru matematika yang semuannya sarjana pendidikan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika prestasi belajar siswa kelas VIIB masih rendah hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yaitu 59,19 pada semester ganjil yang masih dibawah KKM sekolah yaitu 60.

Berdasarkan hasil pengamatan, proses pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 2 Srandakan adalah pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher oriented). Siswa masih belum aktif dalam kegiatan pembelajaran karena selama pembelajaran guru banyak memberikan ceramah tentang materi. Sehingga aktivitas yang dilakukan siswa biasanya hanya mendengar dan mencatat, siswa jarang bertanya atau mengemukakan pendapat. Diskusi antar kelompok jarang dilakukan sehingga interaksi dan komunikasi antara siswa dengan siswa lainnya maupun dengan guru masih belum terjalin selama proses pembelajaran.

Menurut keterangan guru matematika kelas VIIB SMP Negeri 2 Srandakan, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal himpunan yang berkaitan dengan diagram Venn. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan karena pada materi himpunan penuh dengan logika abstrak. Sementara itu proses belajar mengajar pada materi himpunan, guru lebih sering menjelaskan materi melalui ceramah, siswa cenderung pasif, dan aktivitas siswa yang sering dilakukan hanya mencatat dan menyalin. Siswa masih malu bertanya


kepada guru jika mengalami kesulitan dalam memahami atau menyelesaikan soal yang diberikan, akibatnya hasil belajar siswa pada materi himpunan belum maksimal.

Berdasarkan masalah tersebut peneliti berpendapat perlunya dilakukan perbaikan proses pembelajaran pada siswa kelas VIIB. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar siswa dapat ikut berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Siswa saling bertukar pendapat dalam memahami konsep himpunan serta mampu menyelesaikan soal himpunan secara berdiskusi dalam kelompok. Maka diperlukan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa selama kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran yang lebih mendorong keaktifan, kemandirian dan tanggung jawab dalam diri siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada materi himpunan di kelas VIIB.

Sesuai dengan uraian diatas maka peneliti mengadakan penelitian dengan judul ”Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division) pada Pokok Bahasan Himpunan Kelas VIIB SMPN 2 Srandakan Bantul Yogyakarta”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa  pada materi himpunan.


B.  Identifikasi Masalah

Dalam proses pembelajaran pada materi himpunan sebagian besar siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Srandakan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal himpunan. Siswa masih lemah dalam pemahaman konsep himpunan, hal ini yang menyebabkan prestasi belajar siswa rendah dilihat dari hasil rata-rata semester ganjil siswa. Dalam pembelajaran siswa masih malu bertanya dan mengeluarkan pendapat sehingga keaktifan siswa belum nampak. Hal itu dikarenakan pembelajaran matematika di kelas VIIB masih berpusat pada guru. Interaksi dan komunikasi antara siswa dengan siswa lainnya maupun dengan guru belum terjalin selama proses pembelajaran karena diskusi kelompok jarang dilakukan. Dalam proses belajar mengajar seharusnya siswa aktif agar proses belajar menjadi bermakna. Guru seharusnya menggunakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar dalam kelompok sehingga siswa akan terbiasa aktif bertanya dan berpendapat. Salah satu model pembelajaran yang mendorong keaktifan, kemandirian dan tanggung jawab dalam diri siswa diantaranya adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD.


C. Pembatasan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini hanya akan membahas masalah upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dalam penelitian ini indikator meningkatnya keaktifan siswa dilihat dari proses pembelajaran selama dikenai tindakan dan meningkatnya prestasi belajar siswa dilihat dari hasil tes siswa.


D.  Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian diatas rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah:
  1. Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi himpunan di kelas VIIB SMP Negeri 2 Srandakan?
  2. Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi himpunan di kelas VIIB SMP Negeri 2 Srandakan?


E. Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah:
  1. Meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi himpunan di kelas VIIB SMP Negeri 2 Srandakan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
  2. Meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi himpunan di kelas VIIB SMP Negeri 2 Srandakan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

F.  Manfaat Hasil Penelitian

Hasil penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu:

1.  Bagi Guru

Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan model pembelajaran dengan tujuan agar dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

2.  Bagi Siswa

Sebagai wahana baru dalam proses meningkatkan keaktifan dan prestasi dalam pembelajaran matematika.

3.  Bagi Peneliti

Sebagai pengembangan pengetahuan tentang penelitian dalam pembelajaran matematika.





File Docx Lengkapnya: 

Download Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)





Penelusuran yang terkait dengan contoh Proposal

  • contoh proposal lengkap
  • contoh proposal singkat
  • contoh proposal kegiatan sekolah
  • contoh proposal pengajuan dana
  • contoh proposal yang baik dan benar
  • contoh proposal kegiatan kampus
  • contoh proposal penelitian
  • contoh proposal pdf
  • contoh proposal pameran
  • contoh proposal kegiatan kemasyarakatan
  • contoh proposal kegiatan desa
  • contoh proposal kegiatan pramuka

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Download File docx Nya"